POSK - JNS, Jalan Terakhir Masuk Unhas


identitasonline.net- Jalur penerimaan mahasiswa baru Unhas tahun 2013 ini ada lima jalur. Pendaftaran jalur penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 1 Februari - 8 Maret lalu. Pendaftaran jalur Kerjasama Unhas 1 - 31 Mei lalu. Pendaftaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 10 Mei - 7 Juni juga sudah berlalu. Kini, tersisa dua jalur penerimaan di Unhas yakni Jalur Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan (POSK) dan Jalur Non Subsidi (JNS).

Dijadwalkan jalan terakhir masuk Unhas ini, prosesi pendaftarannya akan dimulai 12 – 16 Juli 2013. Berikut pengumuman hasilnya 18 Juli mendatang. 

Jalur POSK ialah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik,olahraga, seni dan keilmuan. Prosesi penjaringan dimulai dari pengurutan peserta jalur POSK dari skor nilai SBMPTN 2013 ditambah dengan nilai ujian keterampilan. Kemudian, dialokasikan pada prodinya. Ketentuan berikutnya bahwa peserta dengan nilai lebih baik akan diprioritaskan untuk dialokasikan lebih dulu.


Berikut rangkaian syaratnya: Lulusan SMA, SMK, MA, MAK tahun kelulusan 2012, dan 2013, mendaftar dan mengikuti SBMPTN, Bagi lulus SBMPTN 2013 tidak bisa mendaftar, memiliki piagam, sertifikat prestasi olahraga seni keilmuan tingkat nasional, mengikuti ujian keterampilan, mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya. Pelamar hanya dapat memilih satu prodi.

Sedangkan, jalur JNS sebagai jalur untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial. Syarat seleksi dilakukan melalui hasil ujian SBMPTN 2013. Skor hasil ujian diurutkan, lalu dialokasikan pada prodi pilihannya, dengan ketentuan bahwa peserta dengan nilai lebih baik diprioritaskan dialokasikan lebih dulu. Setiap pelamar hanya dapat memilih satu prodi. Lulusan SMA, SMK, MA, MAK tahun kelulusan 2012, dan 2013, mendaftar dan mengikuti SBMPTN 2013, bagi lulus SBMPTN 2013 tidak bisa mendaftar dan mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya.

Laman pendaftarannya di link ini https://www.unhas.ac.id/pmb/mandiri/ 
Esa Ramadana
Tags: , , , , , , ,

About author

Penerbitan Kampus identitas Unhas.

6 komentar

  1. untuk yg JNS pendaftarannya dilakukan di mana dan berkas2 apa saja yg harus dibawa? apakah pendaftar JNS nantinya masih bisa menerima beasiswa? terimakasih.

  2. Klo mau tau biaya kuliah klo lulus JNS dimna liatnya?

  3. Apakah bisa kita daftar dua"x ? POSK sama JNS ?

  4. Kenapa setiap buka http://www.unhas.ac.id/pmb/mandiri/ kode atau rangkaian hurufnya tidak muncul? Padahal sudah dicoba berulang kali Tapi tetap belum muncul juga kodenya. Terima kasih.

  5. kenapa halaman webnya tidak terbuka,, padahal registrasi pendaftaran sudah hampir berakhir..

Leave a Reply

silahkan isi komentar anda.
sebelum isi komentar anda harus daftar terlebih dahulu di sini