84 Mahasiswa Bantu Pilkada Elektronik Bantaeng

identitasonline.net- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bantaeng akan digelar Rabu, 17 April. Unhas terlibat dalam hal ini dengan akan menggelar simulasi pemilihan secara elektronik (e-voting) yang dilaksanakan serentak dengan pemilihan konvensional (Komisi Pemilihan Umum).

Mahasiswa Unhas yang terlibat dalam menyukseskan acara berfungsi di bagian operator e-voting. Jumlah mereka ada 84 orang. Pemberangkatan ke lokasi sudah berlangsung siang tadi, Minggu (14/4).


Esoknya, mereka dilokasi akan serah terima perangkat. Lusa, akan menggelar persiapan di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyebar ke berbagai TPS-TPS.“TPS yang kami maksud itu TPS Simulasional. Sedangkan, TPS Konvesional itu dari KPU setempat,” kata salah satu admin e-voting Suwarjono.


Berikutnya, daftar pemilih tetap dari TPS konvensional mengarah ke TPS simulasi dan diarahkan oleh operator.


“Satu TPS terlibat dua operator, satu admin, satu dosen pendamping, satu angggota Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT),  satu petugas KPU yang juga berfungsi mengarahkan pemilih dari TPS konvensional ke TPS simulasi,” sambung Suwarjono.  


Selanjutnya, data dari TPS simulasi akan dikirim ke pusat tabulasi di Jakarta yg dikelola oleh BPPT. Hasil ini sudah bisa diketahui Rabu sore tapi tidak diumumkan saat itu juga tapi lebih mendahulukan perhitungan suara dari KPU Bantaeng. “Sebab, kita tak ingin mendahulu, takut nantinya ada hasil yang berbeda dengan KPU dan ini untuk mengurangi dampak simulasi,” katanya yang juga sebagai koordinator kegiatan Suwarjono.
Esa Ramadana

Tags: , , , , , , ,

About author

Penerbitan Kampus identitas Unhas.

0 komentar

Leave a Reply

silahkan isi komentar anda.
sebelum isi komentar anda harus daftar terlebih dahulu di sini